Farnorthendurance.com

Para Pecinta Alam & Berpetualang

MENDAKI HADIAH TUHAN DI TANAH JAWA

Pada umumnya pecinta alam adalah suatu hobbi yang di anugerahkan tuhan melalui keberanian dan memiliki rasa respek yang lebih tinggi. Karena alam adalah kado terbesar tuhan untuk para penikmatnya. Tak heran, banyak sekali pecinta alam yang rela bepergian jauh dari rumah hanya untuk menikmati keindahan nya. Salah satunya ialah gunung. Ya gunung adalah salah satu tujuan para pecinta alam untuk dinikmati keberadaannya dan untuk memuaskan hati karena konon akan ada rasa bangga tersendiri bila kita bisa menaklukan suatu gunung.

Para pecinta alam memang bukan hanya pendaki, tetapi pada artikel kali ini, akan menjelaskan pecinta alam yang terkhusus pada pendaki gunung.

Pada masa kini, banyak nya orang dari kalangan remaja dan dewasa pergi untuk menaklukan gunung-gunung yang ada di Indonesia. Gunung di Indonesia sangat banyak dan semuanya benar-benar menakjubkan, sangatlah kaya raya kepunyaan negeri kita ini. Patut kita banggakan dan patut kita syukuri. Banyak pecinta alam yang mendaki gunung hingga ketinggian maksimal lalu mereka membentangkan bendera merah putih di puncak gunung tersebut.

Dari sabang sampai merauke, banyak berjajar gunung-gunung entah yang masih aktif atau pun yang sudah tidak. Salah satunya dalah gunung-gunung di tanah jawa dari jawa barat hingga jawa timur.

Pada pendaki di gunung tanah jawa, seperti  Gunung Semeru (Mahameru) yang berada di Jawa Timur, Gunung Slamet di Jawa Tengah,Gunung Sumbing di Jawa Tengah,Gunung Lawu Jawa Tengah,Merbabu Jawa Tengah,Gunung Gede Jawa Barat,Gunung Ciremai Jawa Barat dan lain- lain.

Semua gunung yang di sebutkan diatas adalah hanya beberapa gunung di tanah jawa. Tetapi banyak pendaki yang mendambakan untuk menginjakan kaki nya di puncak Gunung Semeru, mereka ingin menapakan kakinya di Mahameru atau hanya ingin menikmati alam di Ranu Kumbolo.  

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, ketinggiannya sekitar 3.676 m. Banyak pendaki yang ingin memuaskan dirinya untuk menaklukan Gunung Semeru. Para pendaki harus menyiapkan diri terlebih dahulu untuk siap mendaki, konon saat mendaki,mereka benar-benar melihat pemandangan menakjubkan disana, terlebih di Ranu Kumbolo. Konon katanya Ranu Kumbolo ini adalah danau tempat para Dewi Dewi mandi, maka dari itu banyak peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan/pendaki saat berkemah di sekitaran Ranu Kumbolo.

Para pendaki berusaha keras mendaki demi menggapai Mahameru, berjam-jam waktu dilewati,bebatuan,tanah,dan curamnya medan mereka lalui. Tidak ada kata menyerah dan tidak ada kata mundur bagi mereka. Begitu hampir sampai di puncak, terlihat sinar matahari masih bersembunyi tetapi sinarnya sudah terlihat di pagi hari, para pendaki pun langsung bergegas untuk mencapai puncak.

Sesampainya di puncak, bukan main rasanya. Rasa syukur, rasa takjub,rasa haru bercampur menjadi satu rasa. Maka nikmat Tuhan mu yang mana kah yang kamu dustakan. Badan refleks bersujud karena rasa syukur kepada Tuhan karena telah menghadiahkan manusia alam yang begitu luar biasa. Semua keluh kesah selama mendaki hilang seketika setelah melihat langit diatas puncak gunung tertinggi di pulau Jawa ini.

Mungkin itulah sepercik cerita yang notabene pendaki rasakan, mereka begitu mencintai alam, tidak ingin merusak alam dan sebisa mungkin menjaga dan menghormati apa yang sudah menjadi peraturan demi kebaikan bersama. Kebaikan manusia dan kebaikan alam itu sendiri.

Indahnya berbagai gunung di Tanah Jawa, apalagi bisa meng-explore seluruh gunung di seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *