Farnorthendurance.com

Para Pecinta Alam & Berpetualang

MENCINTAI ALAM, DENGAN MENDAKI MERAPI

Mendaki adalah suatu kegiatan yang menarik, pasalnya pada masa kini banyak orang yang mendaki gunung – gunung yang ada di indonesia. Terlebih mendaki gunung yang ada di pulau jawa. Terdapat gunung – gunung di puau jawa seperti gunung semeru, gunung papandayan, gunung cikuray, gunung merbabu, gunung slamet, gunung lawu, gunung cereme, gunung gede , dan gunung merapi. Apa kalian tahu bahwa gunung di pulau jawa adalah salah satu gunung paling indah dan menarik bagi pendaki untuk di daki ? tentunya pasti tahu dong. Terlebih gunung merapi, gunung yang di kenal oleh banyak orang dengan desas desus yang merupakan gunung keramat, tapi jangan skeptis dulu ya, karena di samping itu, merapi memiliki sisi keindahan yang luar biasa !

Gunung merapi memiliki ketinggian sekitar 2.390 meter di atas permukaan laut, gunung merapi  juga masih menjadi gunung aktif lho, jadi jika kalian ingin berkunjung atau ada rencana untuk mendaki disini alangkah baiknya kalian harus cross check terlebih dahulu, apakah merapi bisa di daki atau tidak. Lokasi gunung merapi ini ada di kabupaten sleman, yogyakarta, lalu sisi lain ada di kabupaten magelang, jawa tengah, kabupaten boyolali pada sisi utara dan timur dan kabupaten klaten pada sisi tenggara. Dalam sejarah mencatat bahwa merapi pernah meletus hebat mulai pada tahun 1548, dan gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Sejarah juga mencatat terakhir kali gunung erupsi meletus pada tanggal 28 maret 2020, di hari sabtu jam 19.25 WIB, lalu pada tanggal 21 juni 2020 merapi kembali erupsi dan meletus.

Bagi kamu yang akan mendaki kesini, terdapat beberapa jalur pendakian untuk sampai ke puncak yaitu ke kaliurang, lalu ke kecamatan pakem di kabupaten sleman, dan jalur ini memerlukan waktu sekitar 7 jam untuk mencapai puncak. Lalu jalur lain nya adalah melewati sawangan magelang, bisa juga melewati sisi tenggara yaitu deles di klaten jawa tengah. Tetapi jalur yang paling umum dan paling terkenal adalah jalur yang melewati sisi sutara yaitu melalui selo di boyolali, lebh tepatnya di desa plalangan. Desa ini ada diantara gunung merapi dan gunung merbabu, kira – kira untuk mencapai puncak memerlukan waktu sekitar 5 jam.

Gunung merapi merupakan gunung yang aktif , tentunya pada jalur pendakian akan banyak bebatuan vulkanik, lalu kamu juga akan mencium bau belerang yang lumayan akan menyengat hidung mu, maka dari itu kamu harus hati – hati ya, jangan lupa untuk selalu memakai kacamata dan masker agar mata, hidung dan mulut mu terlindungi. Sebagai pecinta alam tentunya kita harus bersyukur kepada tuhan yang maha esa, dimana kita di anugerahi gunung aktif yang masih bisa juga di daki oleh para pencinta alam dalam bidang mendaki gunung, kawasan yang strategis , puncak yang indah dan gunung yang indah pula di indonesia, patutnya kita harus bersyukur kepada tuhan ya, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat ini, karena bila kamu mengotori tempat ini, alam akan marah , karena alam akan lebih tahu dari apa yang kita perbuat.

Balik lagi pada topik, di merapi jika kamu mendaki kamu akan bertemu dengan pasar bubrah, dan kamu akan mencapai puncak paling tidak sekiranya 1 jam dengan melewati jalur yang curam dan menegangkan, tetapi jika kamu sudha sampai puncak, semua akan terbayarkan lunas dengan keindahan yang akan kamu nikmati disana. Ingat ya sekali lagi, sebagai pecinta alam , kamu harus bisa menjaga alam karena dengan begitu, alam juga akan lebih menjaga kamu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *