Mengenal 10 Arsitek Ternama Indonesia yang Terkenal Sampai ke Luar Negeri

Contents

Ketika melihat bangunan yang bagus, tentu saja terbersit di benak kau mengenai siapa yang membangunnya. Perlu kau ketahui, di Indonesia sendiri terdapat sebagian arsitek https://shevaestate.com/ yang telah mendunia dengan hasil karya bangunannya yang benar-benar menakjubkan. Siapa saja mereka? Kau bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Karir sebagai arsitektur bisa menjadi salah satu yang menjanjikan ketika ini

Deretan Arsitek Indonesia yang Mendunia

1. Achmad Noe ‘man

Nama pertama yang wajib kau tahu yaitu Achmad Noe ‘man. Beliau yaitu lelaki yang berasal dari Garut dan lahir pada tahun 1924. Ada banyak sekali tipe karyanya yang benar-benar memukau dan berdiri sampai kini. Ucap saja seperti Mesjid Islamic Center yang berada di Jakarta.

Kemudian, ada pula Mesjid Amir Hamzah Ismail Marzuki, Mesjid Salman ITB yang berada di Bandung dan juga Mesjid At Tin. Tak berhenti di Indonesia saja, Achmad Noe ‘man juga mempunyai karya arsitektur lain yang ada di luar negeri, tepatnya di Cape Town, Afrika Selatan yaitu Mesjid Syekh Yusuf.

Dengan prestasinya hal yang demikian, tak mengherankan apabila Achmad Noe ‘man acap kali disebut dengan arsitek Indonesia sejuta mesjid. Untuk itu, tak perlu diragukan lagi bagaimana terkenalnya figur Achmad Noe ‘man dalam gelanggang arsitektur internasional. Kecuali itu, beliau juga menjadi salah satu pendiri dari IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia.

2. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa dengan Kang Emil yaitu nama yang mungkin telah tak asing lagi di alat pendengaran kau. Bagaimana tak, Gubernur Jawa Barat ini cukup dikenal oleh kaum milenial dan menjadi idola bagi remaja masa kini. Kecuali dikenal sebagai gubernur, Ridwan Kamil juga menjadi salah satu arsitek ternama Indonesia.

Pria alumnus ITB ini juga melanjutkan kariernya di Amerika, tapi cuma dalam waktu 4 bulan saja. Sebab adanya pengaruh dari krisis moneter yang terjadi di Indonesia, ia malahan kesudahannya mempunyai peluang untuk bertahan hidup di negeri Paman Sam sampai kesudahannya mendapatkan beasiswa di University of California.

Ridwan Kamil mengenyam pengajaran S2 di universitas hal yang demikian sembari bekerja secara part time di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. Di tahun 2002, ia malahan kembali ke Indonesia dan bersela dua tahun kemudian kesudahannya mendirikan Urbane. Urbane sendiri yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di dalam sebagian bidang, salah satunya yaitu arsitektur.

Padahal nama Ridwan Kamil semakin dikenal dengan jabatannya menjadi Walikota Bandung, tapi sebelum itu Ridwan Kamil telah mempunyai prestasi dan karya arsitek Indonesia yang sesuai untuk diacungi jempol. Sebab, perancangan bangunan yang dijadikan oleh Ridwan Kamil ini telah dikenal oleh dalam maupun luar negeri.

Di antara karyanya yang benar-benar dikenal yaitu Rumah Botol yang ada di kota Bandung. Bangunan karya arsitek Indonesia ini terbuat dari sekitar 30 ribu botol bekas yang telah dikumpulkan dalam waktu sekitar enam bulan. Dengan demikian itu, ia malahan sukses untuk mendapatkan Green Design Award oleh BCl.

3. YB Mangunwijaya PR

Arsitek ternama Indonesia berikutnya yaitu YB Mangunwijaya Pr. Dikenal ini dikarenakan alumnus dari ITB tahun 1959 ini mempunyai sumbangsih dan karya yang menempel di dalam jiwa banyak orang. Kultur dengan Bapak Arsitektur Modern Indonesia ini telah menjadikan banyak karya bagus dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu karya yang paling terkenal yaitu sebagian gereja, Bentara Pun dan juga wilayah pemukiman Kecuali Code. Kampung Code yang berada di Yogyakarta ini yaitu salah satu karya terbaik yang dimiliki oleh YB Mangunwijaya. Tak ia malahan mendapatkan penghargaan Internasional yaitu Aga Khan karena karyanya satu ini.

Kecuali dikenal sebagai seorang arsitek yang mendunia, YB Mangunwijaya ini juga yaitu salah satu sastrawan yang mempunyai karya sastra yang banyak dinikmati oleh banyak orang. Di antaranya yaitu Roro Mendut dan juga Burung Burung Manyar. Tak cuma itu saja, sosok satu ini juga cukup mempedulikan pengajaran di Indonesia, yaitu dengan mendirikan Yayasan Dinamika Edukasi.

4. Frederich Silaban

Padahal cuma alumnus dari STM atau Sekolah Teknik Menengah, tapi rancangan bangunan dari Frederich Silaban ini tak bisa dianggap sebelah mata. Sebab, dari sini menggambarkan bahwa latar belakang dari pengajaran seseorang tak mempengaruhi kesuksesan yang dimilikinya.

Desain rancangan yang dijadikan oleh Frederich Silaban benar-benar terkenal dan pastinya kau pernah mengunjungi salah satu dari karyanya hal yang demikian. Di antaranya yaitu Monumen Khatulistiwa yang ada di Pontianak, Gelora Bung Karno, Monumen Nasional sampai Mesjid Istiqlal yaitu karya arsitek Indonesia asal Sumatera Utara ini.

Frederich Silaban diakui sebagai si kecil bangsa yang melahirkan karya karya luar lazim, karenanya tak heran apabila Mesjid Istiqlal yang yaitu salah satu rancangannya sukses untuk meraih penghargaan, di mana ia malahan sukses mendapat Tak Kehormatan Bintang Jasa Sipil yang berasal dari pemerintah.

5. Budi Pradono

Arsitek Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu Budi Pradono. Permulaan arsitek yang dibuatnya yaitu bangunan Bamboo Tampah telah sukses sampai gelanggang internasional. Pendiri dari Budi Pradono Architects atau BPA ini juga yaitu sosok yang telah sukses untuk mendapatkan penghargaan di dalam Arcasia Architecture Award atau AAA di tahun 2016 silam.

Perlu kau ketahui bahwa Arcasia Architecture Awards yaitu salah satu Dewan Arsitek yang disusun oleh 19 organisasi yang ada di Asia. Organisasi hal yang demikian berasal dari China sampai Pakistan. Untuk itu, tak mengherankan apabila Budi Pradono yaitu salah satu desainer rancangan bangunan yang mendunia.

Salah satu karyanya yang sukses dikenal oleh dunia internasional yaitu Dancing Mountain House. Dancing Mountain House sendiri yaitu salah satu karya yang dibangun dengan mengaplikasikan rancangan yaitu konsep dari borderless home atau yang dikenal dengan istilah rumah tanpa sekat.

Tak cuma itu saja, ada pula bangunan lain yang juga menjadi nominasi dari ArchDaily’s Building of The Year di tahun 2018 yaitu Casablanca Residence. Penghargaan-penghargaan yang diterimananya cukup menggambarkan bahwa karya-karya Budi Pradono memang wajib diacungi jempol sampai tak mengherankan lagi apabila ia terkenal sampai ke bermacam negara.

6. Daliana Suryawinata

Perempuan yang akrab disapa Dana ini yaitu salah satu arsitek kelahiran Jakarta. Setelah awalnya, perempuan satu ini bercita cita berkeinginan menjadi seorang komikus. Akan tapi, seiring dengan berjalannya waktu dan amanah dari kedua orang tuanya, karenanya ia menentukan untuk masuk ke jurusan arsitektur. Ucap, siapa sangka apabila mahasiswa alumnus Universitas Tarumanegara ini kesudahannya melanjutkan pengajarannya di Belanda, tepatnya di Berlage Institute.

Tak selesai mencapai pengajarannya, Dana kesudahannya bertolak kembali ke Indonesia. Di tanah kelahirannya ini, ia mendirikan Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism atau SHAU. SHAU ini sendiri telah berdiri di sebagian daerah. Ucap saja seperti Bandung, Indonesia, Munich di Jerman dan juga Rotterdam yang ada di Belanda. Dengan adanya SHAU ini, Dana semakin mengembangkan pandangan baru kreatif dan potensi yang terdapat di dalam dirinya. Sehingga, ia malahan sukses membangun ‘kampung ‘ yang ada di sebagian negara.

Salah satu karya terkenal Dana yang bisa dipandang di Indonesia yaitu Perpustakaan Microlibrary, lebih tepatnya di kota Bandung. Tak tanggung tanggung, karya dari Dana sukses meraih penghargaan Architizer A+ New York. Tentu saja, hal hal yang demikian akan menjadi salah satu peristiwa yang membikin bangga, bagus bagi diri Dana maupun bangsa Indonesia.

7. Andra Matin

Kultur dengan karyanya yang elegan dan mempunyai kesan modern, karenanya kau bisa berkenalan dengan desainer rancangan bangunan berikutnya yaitu Andra Matin. Pria bernama komplit Isandra Matin Ahmad ini yaitu salah satu alumnus Universitas Parahyangan yang ada di kota Bandung.

Salah satu desain rancangan instalasi yang mempunyai judul yaitu Elevation, sukses meraih penghargaan tingkat Internasional. Kecuali itu, karyanya juga pernah dipamerkan dalam sebuah event yang bertajuk Venice Architecture Biennale di tahun 2018. Tak karya dari Andra Matin malahan mendapatkan special mention dari juri. Membanggakan, bukan?

8. Han Setelah

Nama arsitek Indonesia yang mendunia berikutnya ada Han Setelah, yang yaitu seorang arsitek keturunan Tionghoa. Pun nama orisinil Han Hoo Tjwan, lelaki satu ini dikenal karena karyanya atas pemugaran terhadap sebagian bangunan tua yang ada di Indonesia. Hmm, pasti sebagian besar dari kau pernah untuk mengunjungi bangunan hal yang demikian.

Kecuali bangunan yang dimaksud di antaranya yaitu Gedung Arsip Nasional, Gereja Katedral, dan Gedung Bank Indonesia. Tak pemugaran Gedung Arsip Nasional sukses membawanya memenangkan penghargaan Award of Excellence UNESCO Asia Pacific Heritage di tahun 2001.

9. Yori Antar

Yori Antar bisa dikatakan sebagai desainer rancangan bangunan yang menjadi andalan pemerintah. Dikenal hal yang demikian dikarenakan Yori Antar sanggup melestarikan rumah adat yang ada di Indonesia dari kepunahan. Salah satunya yaitu Rumah Tak Mbaru Niang atau yang disebut dengan Rumah Tak Wae Rebo.

Rumah adat hal yang demikian menjadi salah satu dari bukti bahwa Yori Antar sanggup untuk mendesain dan juga merancang kembali rumah adat hal yang demikian. Kecuali itu, Yori memang termasuk yang mempunyai kecakapan atau spesifikasi di dalam pembangunan rumah adat dari adanya kepunahan. Tak rumah hal yang demikian bisa meraih penghargaan yaitu kategori bangunan pelestarian non benda.

10. IR Soekarno

Bapak Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, yaitu salah satu seniman yang juga menggeluti dunia arsitektur. Di luar sepak terjangnya dalam bidang politik, pria yang akrab disapa Bung Karno ini juga dikenal sebagai desainer rancang bangunan sampai ke bermacam penjuru dunia.

Selama Ir Soekarno menjabat menjadi Presiden, ada banyak sekali rancangan yang dicetuskan oleh beliau. Salah satunya yaitu Monumen Nasional atau yang dikenal dengan Monas. Monumen satu ini menjadi salah satu ikon pujian dari Jakarta. Tak sampai ada yang mengatakan bahwa belum ke Jakarta apabila tak ke Monas.

Tak cuma itu saja, terdapat sebagian desain rancangan bagunan lainnya yang diberi pengaruh oleh Ir Soekarno. Ucap saja seperti Gedung Sarinah dan juga Gedung MPR / DPR. Sehingga, presiden satu ini juga mempunyai pengaruh yang besar di dalam bangunan bangunan penting yang ada di Indonesia.

Itulah sebagian desainer rancangan bangunan yang kariernya telah melejit sampai tingkat Internasional. Untuk itu, sebagai si kecil kost yang mencapai pengajaran di jurusan satu ini. sebaiknya kau wajib untuk bangga hati. Sebab, banyak sekali orang Indonesia yang menjadikan karya, malahan sampai dikenal dan mendapat penghargaan Internasional.

Untuk kau si kecil kuliah yang ambil jurusan arsitek, pastinya sosok mereka bisa jadi acuan dan motivasi kau untuk bisa menjadi penerus Arsitek Indonesia yang akan dikenal dunia nantinya. Mungkin kau juga bisa mulai mengasah pengetahuan dan skill arsitektur kau diawali dengan menata ruang kamar kosan, membikin sebagian kerajinan dari barang bekas untuk kebutuhan desain kamar kosan.

By Shat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *