Farnorthendurance.com

Para Pecinta Alam & Berpetualang

RANU KUMBOLO, SURGA AIR PARA DEWI

Pernah dengar  Ranu Kumbolo kan? Atau siapa yang tidak tahu Gunung Semeru di Jawa?

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dan lebih tepatnya Ranu Kumbolo terletak di antara Ranu Pani dan Gn. Semeru. Secara historis geologis, Ranu Kumbolo terbentuk dari massive kawah G. Jambangan.

 Konon, Ranu Kumbolo adalah danau tempat pemandian para dewi-dewi, maka tempatnya disakralkan dan tidak bisa sembarang orang untuk mengambil air danau nya meskipun hanya sedikit.

Untuk kamu seorang pecinta alam pasti tau dong apa yang akan kalian tuju pada saat akan ke lokasi tempat kamu akan travelling? Kamu bisa datang ke Ranu Kumbolo, karena disini kamu bisa melihat keindahan alam yang benar-benar nyata . terlebih kamu bisa melihat gunung Semeru jauh lebih dekat.

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo bukan sebuah perjalanan yang mudah,karena kamu akan  membutuhkan kekuatan fisik yang prima dan perbekalan yang cukup. Untuk kamu yang akan datang kesini, kamu harus latihan fisik terlebih dahulu secara maksimal untuk beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelum keberangkatan.

Jalur alternatif jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo itu melalui Watu Rejeng dan Bukit Ayek-ayek. Jalur Watu Rejeng jauh lebih mudah ditempuh namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan melalui jalur Bukit Ayek-ayek, perjalanan jauh lebih cepat tetapi jalannya curam dan cukup berbahaya bagi pengunjung dan pendaki pemula.

Setelah Sampai

Sesampainya di Ranu Kumbolo, kamu bisa mendirikan tenda. Jika beruntung pada  saat malam hari, kamu bisa melihat gugusan bintang dalam galaksi bima sakti. Dan saat matahari mulai terbit atau sunrise keesokan harinya, kamu bisa melihat keindahan matahari terbit di balik dua bukit hijau yang dipadukan dengan beningnya air danau Ranu Kumbolo.

Di Ranu Kumbolo, terdapat ebberapa peraturan yang harus kamu ikuti demi terciptanya kenyamanan dan keamanan saat kamu berdiam atau bermalam disini lho, simak yuk peraturannya :

Yang pertama, air di danau Ranu Kumbolo ini bersih sekali dan begitu jernih, maka dari itu kamu bisa langsung meminum. Tetapi disini,kamu tidak di perbolehkan mandi ya, buang air besar atau kecil dan berenang di danau ini.

Yang kedua, pada malam hari udara di Ranu Kumbolo bisa mencapai minus 5 derajat Celcius, maka dari itu kamu wajib membawa pakaian tebal atau pakaian yang sekiranya bisa menghangatkan kamu supaya tidak kedinginan atau hipotermia ya

Yang ketiga kamu harus membawakantong plastik sendiri untuk tempat sampah. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan meninggalkan sampah di lingkungan ini.

Yang terakhir kamu harusbisa menghormati alam dan segala sesuatu disekitarnya, karna peribahasa mengatakan jika kamu dapat menjaga alam, maka alam akan menjaga kamu.

Ketinggian

Ketinggian Ranu Kumbolo adalah 2400 m atau (7900 ft) di atas permukaan laut, dengan luas sekitar 14 Ha. Ranu Kumbolo merupakan sumber air yang yang sangat luas dan melimpah.

Ranu Kumbolo selalu bisa merayu siapapun dengan keindahannyayang murni dan menyejukan, hingga semua lelah di perjalanan pun terbayar sudah dengan keindahannya.

Di danau Ranu Kumbolo, kamu akan melihat danau alami yang diapit dua bukit cantik serta dikelilingi pepohonan dan hamparan padang rumput. Ditambah lagi air nya yang biru dan dingin pun akan membuatmu tak bisa menahan hasrat untuk merasakan kesegaran yang membuat kamu susah untuk move on!

Tidak jauh dari Danau Ranu Kumbolo, kamu akan menemukan sebuah tanjakan yang berbentuk seperti hati. Tanjakan itu biasa disebut Tanjakan Cinta. Nah, dari situlah kamu dapat melihat sisi lain kecantikan si Ranu Kumbolo yang akan membuamu jatuh cinta dan selalu berbunga-bunga. Tapi, konon katanya jika kamu mendaki tanjakan cinta, kamu tidak boleh melihat ke belakang pada saat kamu di tengah jalan atau pada saat sampai pada puncak, karena akan mengakibatkan gagal nya harapan kamu untuk berjodoh dengan si doi hihihi!

Jika kamu bertujuan selain berkunjung ke Ranu Kumbolo dan kamu ingin melanjutkan perjalanan untuk mendaki Semeru,kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan kamu.

Tapi ingat,kondisi alam selalu menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mendaki gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *